9 Jan 2012

SMABOY.COM - Jejaring Sosial Buatan Anak Bangsa

Setelah saya posting 11 jejaring sosial made in asli anak bangsa, saya akan coba menelusuri salah satunya. www.smaboy.com adalah situs jejaring sosial baru dimana terdapat fitur-fitur yang tak kalah menarik dari facebook. Dengan bertemakan green, situs ini dari segi layout tampak menarik, dan juga fresh.

Banyak keunggulan smaboy dibanding Facebook disamping kekurangannya yang harus segera dibenahi.

Namun saya juga tidak tahu alasan penggunaan nama Smaboy ini, apakah ini juaga salah satualasan kenapa orang tidak mau sign up ke smaboy....

Tetapi untuk pengguna jejaring sosial, smaboy cukup memenuhi harapan dari para penggunanya. Tapi terus terang saya belum menggali benar fitur-fitur yang terdapat didalanya.

Jika masuk ke area smaboy, tentunya melalui sign up dan log in sama seperti pada facebook, kita akan merasakan masuk ke area facebook pada awal-awal hadir di indonesia  pertengahan tahun 2009, sebelum fitur facebook banyak dipangkas.
 
Saya akan sampaikan beberapa kelebihan smaboy dibanding facebook:.
  • Smaboy, dalam pertemanan lebih mirip dengan twitter.
  • untuk membuat status/update status, font bisa diubah melalui pilihan bold, underline, strikethrought, insert quote, insert code, smiley / icon emosi - mirip dengan KasKus .
  • template atau background bisa diubah-ubah sesuai selera menjadi lebih beraneka lebih berwarna - mirip twitter atau blog.
  • smaboy menyediakan thread untuk membuat forum lebih mudah di sebelah kiri.
  • Setelah saya ukur berat dan kecepatan loading melalui iwebtool.com,  smaboy cukup ringan, saya bandingkan dengan 7 jejaring yang cukup kita kenal. lihat gambar dibawah ini dan klik untuk memperbesa gambarnya.
perbanding berat dan kecepatan loading

Namun tentunya akan sangat tidak adil kalau kita menuntut persis seperti facebook, kenapa? coba bayangkan pendapatan facebook terhitung November 2010, menurut SecondMarket Inc., nilai Facebook mencapai $41 milyar x Rp. 9.125 = 374.125.000.000 = gilaaa benerr (wikipedia) dengan membersnya mencapai 600juta pengguna per januari 2011, total aktif tiap harinya mencapai 168 juta akun = gilaaa benerrr. Dengan dukungan aplikasi lebih dari 53 ribu aplikasi.

Tapi paling tidak smaboy dapat memenuhi harapan para pengguna jejaring. Dan akan lebih okay lagi apabila aplikasi game telah masuk, sebagai contoh, aplikasi ZyngaPoker yang me-likes-nya per des 2011 lebih dari 53 juta gamers...... oooo keselek.

Anda mulai bosan dengan facebook yang hanya begitu-begitu saja? Cobalah untuk membuat akun di www.smaboy.com dan rasakan bedanya. Lengkap dengan fitur-fitur menarik, anda akan betah berlama-lama di depan komputer/laptop untuk membuka smaboy

Kita bayangkan lagi...??? anak bangsa mencoba berinovasi dengan memadukan beberapa unsur yang ada di jejaring sosial tentunya dengan dukungan fasilitas, dana dan peran pemerintah yang sangat terbatas.

Mari kita menghargai, mencintai, mengembangkan dan bangga akan produk dalam negeri.

Cara daftar cukup mudah sama dengan facebook tinggal mengisi kolom yang berada di samping kanan dengan lengkap,











note:

  • Saya mohon maaf karena, sekali lagi, saya belum begitu meng-eksplorasi daleman smaboy lebih detail dan rinci. Sehingga saya mohon bantuan dari para blogger dan pembaca untukmenambahkan dan mengkritisi tulisan tentang smaboy ini.
  • Saya juga, maaf, saya tidak tahu siapa admin dari smaboy ini. kebetulan belum kenalan.....Namun saya ucapakan: Selamat Bung, Maju terus dan tingkatkan daya kreasi serta sosialisasi anda kepada bangsa kita yang mulai gemar berlama-lama di dunia maya.

No comments:

Post a Comment

Garudayasa

Garudayasa