22 Jan 2012

Menambah Kapasitas Hard Disk Dengan Garam

Hard Drive
Dulu, hard disk berkapasitas 80GB mungkin sudah termasuk lapang. Sekarang, dengan ukuran empat kali lipat pun rasanya kita masih kekurangan tempat untuk menyimpan data. Tak bisa disalahkan karena sekarang ukuran file memang cenderung lebih besar dari beberapa tahun yang lalu. Tentu saja ini diimbangi dengan peningkatan kualitas dan kemampuan. Meningkatkan kapasitas hard disk jelas adalah solusinya, tapi bagaimana kalau peningkatan kapasitas ini berdampak pada dimensi? Bisa jadi garam adalah solusinya.
Beberapa orang mungkin memilih memasang dua atau lebih hard disk di dalam PC mereka. Ini tidak berlaku buat pengguna notebook. Lalu muncul solusi hard disk external namun lagi-lagi ini juga masih dibatasi oleh dimensi dan kapasitas. Menambah kapasitas mau tak mau memang berdampak pada dimensi yang semakin membesar. Prihatin dengan kondisi ini, seorang ilmuwan asal Singapura lantas mencari cara untuk meningkatkan kapasitas tanpa membuat dimensi jadi lebih tambun. Garam adalah jalan keluarnya.
Tunggu dulu! jangan terburu menaburkan garam ke atas hard disk Anda! Para ilmuwan di Singapura ini berhasil menemukan cara untuk meningkatkan kemampuan simpan dengan menggunakan sodium chloride pada proses pembuatan hard disk. Hasilnya, dengan dimensi yang sama, hard disk bisa menyimpan data 6 kali lebih banyak. Sejauh ini teknologi ini memang baru beredar di laboratorium namun diperkirakan tahun 2016 nanti para produser hard disk sudah akan menggunakan teknologi ini.

No comments:

Post a Comment

Garudayasa

Garudayasa