5 Jan 2016

AIR TERJUN MANGKU KODEQ (MANGKU KODEQ WATERFALL) ANAK MANGKU SAKTI #LombokPetualang - LOMBOK ISLAND


Air terjun ini berada di Desa Sajang kawasan Kecamatan Sembalun Lombok Timur Tepatnya di bawah Air Terjun Mangku Sakti atau bisa disebut anak/aliran air dari Air Terjun Mangku Sakti. Jalan yang ditempuh ada sedikit berliku-liku, maka kalau memungkinkan pengunjung disarankan memakai jasa guide dari pihak Kantor Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) guna menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, Walaupun demikian, saat ini sebenarnya sudah tersedia petunjuk jalan menuju air terjun, tetapi kalau belum terbiasa, dikhawatirkan perjalanan tidak semulus yang diharapkan.


Karena air terjun ini berdekatan dengan Air Terjun Mayung Putek, maka rute yang bisa ditempauh hampir sama, yaitu bisa ditempuh melalui dua jalur. Pertama jalur Lombok Timur, dari Kota Mataram – Taman Narmada – Masbagik – Aikmel – Swela – Sembalun Bumbung – Sembalun Lawang – Sajang – Air Terjun Mangku Sakti. Sedangkan jalur Lombok Utara ditempuh dari Kota Mataram – Senggigi Beach – Bangsal – Tanjung – Bayan – Senaru – Sajang – Air Terjun Mangku Sakti.



Untuk mencapai air terjun ini dari Desa Sajang memerlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Namun sepanjang perjalanan menuju air terjun Kaliage pengunjung akan di suguhkan pemandangan berupa dominan padang sabana yang cukup luas. Padang ini menjadi keindahan tersendiri pada jalur yang ditempuh. Sesampai di sebuah persimpangan, terdapat petunjuk arah yaitu jalur ke kiri dan ke kanan. Jalur ke kiri adalah arah menuju puncak Gunung Rinjani, sedangkan jalur ke kanan menuju Air Terjun Mangku Sakti.



Tonton video lainnya di bit.ly/teloqlombok

Subscribe channel-channel youtube saya di bawah:

1 comment:

  1. Thanks for sharing this information
    With more than a decade of experience in working on Cisco Meraki Solutions, we are an established partner that provides sound networking solutions. We help customers migrate their IT infrastructure to the Full Stack of Cisco Meraki Solution with ease.wireless site survey cost in india

    ReplyDelete

Garudayasa

Garudayasa