23 Dec 2011

Share Modem pada Jaringan LAN.

Jika kita ingin berbagi koneksi internet dengan orang lain, meskipun kita hanya menggunakan sebuah modem, semua bisa saja dilakukan.
Berikut ini caranya dengan windows XP SP2, jaringan LAN kabel, dan koneksi modem Smart Evdo ZTE USB. Bagi yang berbeda, ambil garis besarnya saja, sama kok..
1. Pastikan salah satu komputer memiliki koneksi internet (komputer yang akan dipakai sebagai router), dan memiliki perangkat koneksi jaringan LAN (kabel maupun wifi juga bisa). Jika menggunakan wifi, harus memiliki akses point terlebih dahulu. Untuk itu, saya akan membahas hanya yang menggunakan kabel saja.
2. Koneksikan komputer utama dengan internet. Untuk kasus ini saya memakai jaringan Smart EVDO Ref A, dengan modem ZTE USB.

3. Koneksikan jaringan LAN. Setelah itu masuk ke Control Panel-> Network Connection

Maka akan tampil minimal ada 2 koneksi, yaitu koneksi modem dan koneksi LAN.
4. Masuk ke properties pada koneksi modem/koneksi internet.

Kemudian, beri tanda mark (centang) pada Allow other network to connect through this computer’s internet connection. Jika ada beberapa perangkat LAN, nanti bisa memilihnya pada Home networking connection.  Setelah itu klik OK, maka setingan IP untuk perangkat yang home networking menjadi default 192.168.0.1
5. Masuk ke komputer client yang belum terkoneksi internet, masuk di Control Panel ->Network Connection, kemudian buka jendela properties, dan setinglah IP, gateway dan DNS nya.
Belum tahu berapa DNS nya? bisa lihat di komputer utama (routernya), buka cmd dan ketik ipconfig /all

Dikira-kira saja, mana yang koneksi internet, lalu dilihat DNS servernya saja. Pada gambar diatas terdapat 2 buah alamat DNS. Setelah mengetahuinya, masukkan pada komputer client seperti gambar di bawah ini.

Pada gambar ini, komputer client dengan :
Alamat IP: 192.168.0.5
Gateway: 192.168.0.1 (Alamat IP komputer routernya tadi yang ada modemnya)
DNS: didapat dari cara tadi,
lalu klik OK, dan buka internet browser anda. Selamat mencoba…

No comments:

Post a Comment

Garudayasa

Garudayasa